Skip to main content

Resolusi SD Inpres Rata 2021 - Mulai Dari Pagar Sekolah Hingga Kunjungan Wakil Bupati Nagekeo

SDinpresrata.sch.id ~ Resolusi SD Inpres Rata 2021 - Mulai Dari Pagar Sekolah Hingga Kunjungan Wakil Bupati Nagekeo. Pada awal tahun 2021 ini sekolah bekerjasama dengan komite sekolah untuk melakukan pengamanan terhadap sekolah khususnya dalam menjaga kelestarian lingkungan sekolah. Hal ini dilakukan dengan penguatan pagar sekolah. Adapun pagar sekolah ini telah disepakati pada rapat komite sekolah pada tahun anggaran yang berjalan. Pagar sekolah dialkukan untuk semakin membuat sekolah lebih nyaman dan aman dari beberapa hewan yang sering berkeliaran di seputar sekolah. Pagar ini menggunakan waring yang dapat diperkirakan mampu bertahan hingga 5 tahun.

Kegiatan persiapan pemasangan pagar sekolah SD Inpres Rata


Pembersihan pagar sebelumnya untuk diberikan pagar yang baru menggunakan waring

Pemasangan Waring/pagar sekolah 

Kegiatan berikutnya yang dilakukan oleh sekolah yaitu pembuatan sumur bor di sekolah SD Inpres Rata. Sumur bor ini merupakan bantuan dari PLAN International Indonesia. Sebelumnya sekolah memang sangat kesulitan dengan keberadaan air bersih. Namun dengan bantuan sumur bor ini diharapkan mampu memberikan layanan air bersih kepada seluruh warga sekolah. Apalagi air bersih saat ini sangat dibutuhkan khususnya dalam menjaga pola hidup sehat dengan masa Pandemi Covid-19 ini. Kegiatan pengeboran air ini dilaksanakan dengan memakan waktu yang cukup lama dikarenakan topgrafi sekolah yang kebanyakan permukaannya adalah batu/cadas. 


Upacara adat untuk mengawali pengeboran air di sekolah sd inpres rata


Upacara adat sebelum pengeboran air di sekolah


Proses Pengeboran air

Bulan April 2021 akhirnya SD Inpres Rata mendapatkan kepala sekolah definitif yang mana kurang lebih sebelumnya dijabat oleh pelaksana tugas kepala sekolah. Kepala sekolah yang baru yakni Beatriks Pia, S.Ag yang merupakan guru agama dan sebelumnya bertugas di SDK Lape. Kegiatan serah terima jabatan di sekolah ini juga dihari oleh beberapa pihak yang cukup penting untuk kemajuan pendidikan di sekolah yakni pemerintah setempat (ketua lingkung Dhawe III), Komite sekolah, serta perwakilan dari dinas yakni Kepala Bidang Pengelolaan SD Venantius Minggu, M.Pd.

Serah terima jabatan Kepala sekolah di SD Inpres Rata

SD Inpres Rata menjadi salah satu sekolah yang dikunjungi langsung oleh Wakil Bupati Nagekeo. Pada kunjungannya yang berjalan kurang lebih 3 jam ini wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja memeriksa seluruh sarana dan prasarana sekolah. Mulai dari ruang kelas hingga ruang perpustakaan yang mana menjadi tempat sangat penting bagi siswa untuk belajar. Kunjungan ini juga didampingi langusng oleh pemerintah setempat yakni lurah. Wakil bupati senantiasa mengingatkan kepada pemerintah setempat agar turut membantu dalam memelihara dan memberikan layanan yang terbaik khsusunya pada prasarana yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran. 

Wakil bupati Nagekeo selama kunjungan di SD Inpres Rata ini juga memeriksa satu persatu kelas beserta menguji kesiapan wali kelas dalam pelayanan peserta didik sesuai dengan bidangnya. Setiap jenjang memiliki peran dan tujuan masing-masing baik mulai dari mengenal huruf, membaca, hingga membuat cerita/karya dari apa yang telah peserta didik amati.

Wakil Bupati memeriksa atap kelas 3


Pengarahan kepada kepala sekolah beserta guru di SD Inpres Rata oleh Wakil Bupati Nagekeo

Kegiatan Kelompok Kerja Guru berbasis Literasi Gugus 5. Kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam literasi. Kegiatan ini dilakukan secara serempak dengan pelaksanaan bergilir di sekolah-sekolah dalam satu gugus yaitu gugus 5. 





Kegiatan KKG berbasis Literasi di SD Inpres Rata

Pemerintah kini melaksanakan sebuah model asesmen baru yang dierapkan oleh seluruh sekolah di Indonesia. Asesmen atau ujian yang sebelumnya dilakukan di kelaas akhir yaitu kelas 6 dengan model Ujian Nasional/Sekolah kini dilakukan perubahan dengan melakukan sebuah asesmen kepada peserta didik jenjang kelas 5. 

Kegiatan asesmen Nasional tersebut meliputi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang mana megukur kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Kemudian dilanjutkan dengan survei karakter dan survei lingkungan belajar.  Tidak hanya peserta didik yang melaksanakan asesmen, namun guru dan kepala sekolah juga turut melaksanakan asesmen dengan mengisi survei lingkungan belajar.

Kegiatan asesmen Nasional ini diharapkan dapat mengetahui seberapa jauh sekolah dalam melakukan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik. Ini semua nanti akan menghaasilkan sebuah capaian yang dapat diketahui secara keseluruhan. Nilai yang dimaksud ini adalah nilai sekolah yakni nilai untuk mengetahui potret kemampuan sekolah sampai di mana.

SD Inpres Rata merupakan salah satu sekolah yang menyelenggarakan Asesmen Nasional berbasis komputer ini secara mandiri. Dengan perangkat sederhana yang dimiliki sekolah serta kerja sama tim yang solid di sekolah hingga sekolah berhasil menggelar ANBK secara mandiri di sekolah. SD Inpres Rata merupakan satu-satunya sekolah yang melaksanakan asesmen Nasional secara mandiri di Gugus 5 Aesesa.

Guru membantu peserta didik dalam belajar mengenal perangkat TIK persiapan ANBK

Pendmpingan ekstra kepada peserta didik dalam persiapan ANBK 2021 SD Inpres Rata


Gladi bersih ANBK 2021 SD Inpres Rata

Pelaksanaan survei lingkungan belajar Guru dan kepala sekolah di SD Inpres Rata

Pengarahan dari kepala sekolah sebelum pelaksanaan ANBK 2021 SD Inpres Rata



Pelaksanaan ANBK SDI Rata

Pelaksanaan ANBK SDI Rata

Pelaksanaan ANBK SDI Malawona di SDI Rata

ANBK hari ke 2 SDI Malawona di SDI Rata

Survei lingkungan belajar Guru dan kepala sekolah SDI Malawona di SDI Rata

Dengan perlengkapan TIK yang cukup meningkat di SDI Rata maka sekolah juga melaksanakan Sosialisasi pemanfaatan Rumah belajar. Kagiatan ini mengenalkan portal rumah belajar sebagai sebuah portal untuk guru dan peserta didik dalam mengembangkan model pembelajaran yang mana rumah belajar menyediakan ribuan aset media pembelajaran yang sangat menarik untuk dipergunakan dalam pembelajaran. 

Sosialisasi Rumah Belajar di SDI Rata

PLAN Indonesia juga kembali bekerjasama dengan sekolah dalam hal ini terkait kegiatan kesehatan. Adapun kegiatan ini yaitu sosialisasi manajemen kesehatan menstruasi di SDI Rata. Kegiatan dipandu langsung oelh PLAN dengan melibatkan guru dan peserta didik kelas 4 s.d.6. 

PLAN sedang menjelaskan kepada peserta didik terkait menstruasi

Materi dengan model pembelajaran berbasis permainan ular tangga

SD Inpres Rata mendapatkan bantuan TIK dari pemerintah yang didalamnya terdiri dari peralatan TIK yang sangat membantu dalam pembelajaran. Beberapa peralatan tersebut seperti chromebook, LCD Proyektor, Printer, dan Modem/Router. Bantuan inii langsung diserahkan kepada sekolah dengan diwakili oleh kepala langsung. 
Bantuan Seperangkat alat TIK untuk sekolah SD Inpres Rata

Penginstalan Chromebook

Penerimaan bantuan alat TIK oleh kepala sekolah beserta guru di SD Inpres Rata.

Demikian Resolusi SD Inpres Rata 2021 - Mulai Dari Pagar Sekolah Hingga Kunjungan Wakil Bupati Nagekeo. Semoga SD Inpres Rata dapat terus maju dan memberikan pelayanan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. 

Comments

Popular posts from this blog

Rapat Komite Tahun Pelajaran 2022/2023 SD Inpres Rata

www.sdinpresrata.sch.id. Rapat Komite Tahun Pelajaran 2022/2023 SD Inpres Rata ~ Kegiatan Rapat komite SD Inpres Rata 2022/2023 dilaksanakan sebagai kegiatan rutin tahunan yang sekaligus merupakan wadah penting dalam proses pengembangan sekolah. Rapat Komite SD Inpres Rata Tahun Pelajaran 2022/2023 dilaksanakan diawali dengan beberapa penyampaian penting oleh kepala sekolah SD Inpres Rata terkait beberpa hal penting sekaligus perubahan yang terjadi pada sekolah ini.  Hal penting pertama yang disampaiakan oleh Kepala sekolah adalah berkaitan dengan mutasi kepegawaian yang terjadi di sekolah. Kepala sekolah menyampaikan bahwa mutasi ini dilaksanakan secara tiba-tiba. Adapun sebagai Aparatur Sipil Negara harus bersiap jika di tugaskan atau dipindahkan di mana saja. Ketua Kopmite dan Kepala SD Inpres Rata menyampaikan sambutan pada Rapat pleno komite 2022-2023 Berkaitan dengan kekosongan kelas yang telah ditinggalkan oleh guru yang mutasi tersebut yaitu kelas 1 dan kelas 3 sementara sekola

Kerja Bakti Pagar Sekolah Bersama Komite SD Inpres Rata

sdinpresrata.sch.id ~ Kerja Bakti Pagar Sekolah Bersama Komite SD Inpres Rata. Setelah melaksanakan sosialisasi BIAN di hari sebelumnya, Sekolah bersama warga komite telah menyepakati untuk melaksanakan kerja bakti untuk memperbaiki pagar sekolah. letak geografis sekolah yang berada di sekitar tanah lapang yang sering kali dijumpai hewan ternak, menjadi sebuah masalah serius untuk lingkungan sekolah. Hal ini mewajibkan sekolah untuk memberikan sebuah pengamanan khusus untuk melindungi sekolah yakni dengan pagar sekolah yang rapat dan kuat. Bersama komite sekolah dilaksanakan perbaikan pagar untuk mengamankan lingkungan sekolah. Sebelumnya para siswa telah membawa bilah bambu yang mana akan digunakan untuk penguat pagar.  Kegiatan perbaikan pagar dilakukan mulai dari bagian pintu gerbang hingga mengelilingi semua lingkungan sekolah.  Dengan ini diharapkan sekolah dapat aman dan nyaman khususnya berbagai tanaman/bunga yang ada di dalamnya.

SERAH TERIMA JABATAN KEPALA SEKOLAH SD INPRES RATA TAHUN 2021

SD Inpres Rata ~ Kegiatan serah terima jabatan kepala sekolah di SD Inpres Rata yang dilaksanakan tanggal 31 Mei 2021 di ruang kelas SD Inpres Rata berjalan dengan lancar. Kepala sekolah baru memberikan sambutan Sesuai dengan surat keputusan Bupati Nagekeo pada saat pelantikan yang isinya menetapkan bahwa Kepala Sekolah baru yaitu beatriks Pia, S.Ag yang mana sebelumnya sebagai guru di SDK Lape Acara dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nagekeo Venantius Minggu, M.Pd. Pada dambutannya beliau menyampaikan beberapa info penting terkait dengan perkembangan program Literasi Nagekeo.  Mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Nagekeo, Venantius Minggu juga memberikan ucapan selamat kepada kepala sekolah baru dan memberikan pesan agar menerapkan apa yang telah diperoleh selama menempuh diklat kepala sekolah beberapa tahun sebelumnya. Sebelumnya sekolah dipimpin oleh pejabat sementara yakni Ali Zaenal, S.Pd.